Pengikut

Jumat, 09 Oktober 2009

Pengalaman Tentang Koperasi di Lingkungan Sekolah

Koperasi sekolah sangat membantu bagi para siswa sekolah untuk mengembangkan potensinya dalam bidang ekonomi dan sebagai latihan bertanggung jawab dan kemandirian siswa. Koperasi didirikan sebagai persekutuan kaum yang lemah untuk keperluan hidupnya, mencapai keperluan hidupnya dengan ongkos yang semurah – murahnya, itulah yang dituju. Pada koperasi didahulukan keperluan bersama, bukan keuntungan.

Koperasi memberikan pengalaman mengembangkan kemampuan berorganisasi dalam ruang lingkup sekolah sehingga saya dapat belajar melakukan usaha kecil kecilan, mendorong kebiasaan untuk berinovasi, belajar menyelesaikan masalah, dsb. Selain itu koperasi juga menyediakan alat alat tulis dengan harga yang terjangkau oleh siswa sekolah. Di koperasi juga memberikan pinjaman kepada setiap anggota koperasinya jika ada yang kurang mampu membayar iuran pembayaran sekolah, dan bunga pinjaman koperasi dirasakan sangat ringan.

Pembentukan Koperasi Sekolah dikalangan siswa dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan koperasi. Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini.

0 komentar:

Posting Komentar