Pengikut

Selasa, 06 April 2010

PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN DAN BEBAN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Pendapatan dan beban merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan laba perusahaan. Dimana seperti kita ketahui bahwa keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya, baik usaha tersebut bergerak dalam aktivitas pemberian jasa maupun barang diukur berdasarkan laba yang diperoleh selama periode tertentu.
Untuk itu, setiap perusahaan akan terus berupaya untuk memperbesar laba dengan meningkatkan pendapatan yang diperoleh dan menekan serendah mungkin beban yang terjadi demi kelangsungan hidup perusahaan di masa mendatang.
Hal tersebut dilakukan mengingat semakin besar pendapatan maka semakin besar pula kemampuan perusahaan membebani segala beban yang ditanggung untuk melaksanakan kegiatan yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.
Dalam satu periode yang kemudian akan tersaji didalam laporan keuangan adanya ketepatan pengukuran, pengakuan dan penyajian pendapatan dan beban dalam laporan keuangan akan membantu pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan mengenai profitabilitas perusahaan secara menyeluruh.
Ruang lingkup yang dibahas dalam penelitian ini adalah praktek-praktek Akuntansi Atas Perlakuan Pendapatan dan Beban dimana sifat dari jenis usaha yang berbeda dalam mengakui pendapatannya masing-masing setiap perusahaan memiliki perbedaan dalam kebijaksanaan dan prosedur akuntansi yang diterapkan sesuai dengan jenis kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan.
Pada dasarnya pencatatan pendapatan dan beban adalah berguna untuk memberikan kemudahan dalam melakukan penelusuran bila terdapat adanya kesalahan-kesalahan dalam melakukan perhitungan pendapatan dan beban yang dilakukan selama satu periode serta dalam pembuatan laporan Laba-Rugi perusahaan yang terjadi secara tidak sengaja.

0 komentar:

Posting Komentar