Pengikut

Kamis, 25 November 2010

TUGAS 4

Nama : Feny Ratna Kusuma
Kelas : 5EB15
NPM : 27209001

Jelaskan fungsi fungsi Politik antara lain
a. Soasialisasi Politik

Sosialisasi Politik erupakan salah satu dari fungsi fungsi input sistem politik yang berlaku di Negara Negara manapun juga baik yang menganut sistem politik demokratis, otoriter, dictator dan sebagainya, sosialisasi politik adalah proses dengan mana individu individu dapat memperoleh pengetahuan , nilai nilai dan sikap sikap terhadap sistem politik masyarakatnya.
Contoh nya, sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi diberlakukan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.ini merupakan proses pelatihan yang dilakukan Negara terhadap warga negaranya. Pelatihan ini memungkinkan individu untuk menerima atau melakukan suatu penolakan atas tindakan pemerintah, mematuhi hokum, melibatkan diri dalam politik, atau pun memilih dalam pemilihan umum.

b. Rekruitmen Politik

Rekruitmen Politik adalah proses mencari anggota organisasi yang berbakat oleh organisasi politik/lembaga politik untuk dijadikan pengurus organisasi politik atau dicalonkan oleh organisasi sebagai anggota legislative atau eksekutif baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Rekruitmen politik merupakan usaha yang dilakukan organisasi politik/ lembaga politik untuk mengembangkan organisasi politik.
Contohnya dalam melakukan rekruitmen anggota organisasi menjadi anggota legislative dan eksekutif pada umumnya dilakukan melalui kaderisasi dan pencalonan
Kaderisasi adalah cara merekruit anggota masyarakat melalui jaringan latihan untuk pendidikan tertentu yang dilakukan oleh departemen pemerintah, instansi swasta, organisasi politik maupun organisasi kemasyarakatan.
Pencalonan adalah suatu proses dimana seorang dicalonkan untuk menduduki jabatan politik dan pemerintahan dan namanya dicantumkandalam daftar calon.

c. Komunikasi Politik

Komunikasi Politik adalah Komunikasi yang melibatkan pesan pesan politik dan actor actor politik , atau berkaitan dengan kekuasaan , pemerintahan , dan kebijakan pemerintah. Komunikasi Politik merupakan salah satu fungsi parai politik yakni menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat dan mengaturnya dalam sedemikian rupa untuk diperjuangkan menjadi public policy.
Contohnya, kebanyakan komunikasi politik merupakan lapangan wewenang lembaga lembaga khusus seperti media massa, Badan Informasi Pemerintah, atau parpol

d. Stratifikasi Politik lapisan dalam dunia politik

Statifikasi Politik [Kebijakan] di Indonesia tersusun secara bertingkat yang terdiri atas;
1. Tingkat kebijakan puncak meliputi kebijakan tertinggi yang lingkupnya menyeluruh secara nasional missal: penetapan UUD. Penentu tingkatan ini adalah MPR dengan produk kebijakan berupa UUD dengan ketetapan MPR.
2. Tingkat kebijakan umum merupakan tingkat kebijakan puncak yang lingkupnya juga menyeluruh nasional. Penentu tingkatan ini adalah Presiden. Produk dari Presiden bersama DPR berupa UU untuk Perpu, sedangkan dari kewenangan Presiden adalah Peraturan Pemerintah untuk mengatur Pelaksanaan UU

3. Tingkatan kebijaksanaan khusus merupakan penggarisan terhadap suatu bidang utama pemerintah sebagai penjabaran terhadap kebijakan umum guna merumuskan strategi, administrasi, system dan prosedur dalam bidang utama tersebut. Penentunya adalah Menteri. Produknya berupa Surat Edaran Menteri.

4. Tingkat kebijaksanaan teknis meliputi penggarisan dalam suatu sector bidang utama. Penentunya adalah pimpinan eselon pertama Departemen Pemerintahan maupun pimpinan lembaga lembaga non departemen.

5. Tingkat kebijakan di daerah meliputi kebijakan mengenai pelaksanaan pemerintah pusat di daerah maupun kebijakan pemerintah daerah. Penentu nya adalah Gubernur. Produknya adalah keputusan/instruksi Bupati/Walikota untuk kabupaten/kotamadya

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates