Pengikut

Kamis, 25 November 2010

Tulisan 2

Nama : Feny Ratna Kusuma
Kelas : 5EB15
NPM : 27209001

Buatlah tulisan mengenai proses pemilihan pemimpin daerah

Proses Pemilihan Pemimpin Daerah
1. Apa yang dilakukan partainya ?
Pertimbangan pencalonan bukan semata-mata popularitas atau modal yang dimilikinya, meskipun keduanya memang penting dan tidak dapat diabaikan untuk mobilisasi perolehan suara. Namun, dengan orientasi politik jangka panjang, partai politik seharusnya mempertimbangkan dengan sangat serius kesesuaian visi, misi, dan program calon dengan platform partai, karena kinerja calon sebenarnya merupakan representatif partai politik dalam mengejawantahkan blueprint mereka tentang pemerintahan.
partai politik melakukan perhitungan tentang seberapa popular dan seberapa besar peluang calon yang mereka dukung atau tentang berapa daerah yang mereka targetkan untuk dimenangkan serta cara mencapainya. Kompetisi yang fair dan hadirnya calon-calon yang berkualitas akan melahirkan pemerintahan daerah yang baik dan pada akhirnya akan memupuk kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi dan peran partai politik di dalamnya.

2. Apa peranan partai nya dan kelompok yg berkepentingan sampai tahap pengambilan suara?
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan partai politik, dalam rangka penguatan peran partai politik dalam kaitannya dengan Pilkada secara langsung antara lain:
Pertama, hal yang mendasar yang harus dilakukan adalah perubahan paradigma, khususnya menyangkut peran partai politik dalam Pilkada. Partai politik harus melihat Pilkada secara langsung bukan semata-mata masalah proyeksi kekuasaan; berapa jabatan kepala atau wakil kepala daerah yang akan diperoleh; berapa dana yang akan disetor oleh kepala daerah yang didukungnya untuk Pemilu yang akan datang.

Kedua, partai politik harus bersungguh-sungguh berusaha menawarkan pasangan calon terbaik, yaitu calon yang memiliki kapabilitas sekaligus integritas kepemimpinan.

Ketiga, peran partai politik dalam memobilisasi dukungan harus mendewasakan pemilih melalui pilihan isu dan cara yang bijak, terutama terkait dengan kemungkinan konflik di tengah masyarakat. Masing-masing daerah mempunyai karakteristik tersendiri dan partai harus cerdas memilah mana yang layak dan tidak untuk ditawarkan kepada pemilih.

Adalah tugas partai politik sebagai mesin pemenangan dalam Pilkada untuk memenangkan calonnya
Dalam konteks peranan kelompok yang berkepentingan, yakni menjaga/mengawal proses demokratisasi, hanya saja mungkin caranya yang berbeda.
Peran tersebut adalah:

1. Mengawal Proses Pelaksanaan Pilkada Langsung
pengawalan terhadap proses Pilkada langsung merupakan peran yang strategis untuk dijalankan. Peran pengawalan terhadap proses pilkada dapat dimainkan oleh kelompok tertentu sebagai individu maupun oleh lembaga-lembaga tertentu.

2. Pendidikan Politik Kepada Masyarakat
Pendidikan politik pada masyarakat dilakukan sebagai wujud tanggung jawab kelompok tertentu kepada masyarakat. Adapun wujud dari peran ini adalah adanya agenda seperti: bedah visi dan misi calon kepala daerah, melakukan kajian terhadap kapasitas dan integritas calon kepala daerah, membuat kriteria calon kepala daerah atau membuat nota kesepakatan dalam bentuk kontrak politik kepada calon kepala daerah.
Target dari agenda-agenda ini adalah, masyarakat dapat menentukan pilihannya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang rasional, bukan berdasarkan kharismatik semata. Dalam pelaksanaan peran ini, etika yang harus dibangun oleh setiap organisasi mahasiswa adalah sikap objektifitas dan akuntabilitas. Objektifitas yang dimaksud ialah pembedahan visi/misi, pembuatan kriteria calon kepala daerah.

3. Masuk sebagai Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah
Keterlibatan kelompok dalam tim pemenangan calon kepala daerah, bukanlah sebuah hal yang baru. Ada beberapa pertimbangan dasar ketika suatu kelompok mengambil peran ini :
a. Sebagai individu masyarakat memiliki hak untuk berpartisipasi dalam setiap proses politik, baik saat pencoblosan maupun dalam menentukan sikap untuk mendukung pasangan calon kepala daerah tertentu.
b. Ikut dalam tim pemenangan calon kepala daerah merupakan political process bagi suatu kelompok. Political proses ini adalah bentuk pengaktualisasian kemampuan diri dari kelompok itu sendiri sekaligus wadah pembelajaran dalam ruang lingkup politik praktis.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates